6 Cara Menghidupkan Komputer Dengan Benar

2 min read

cara menghidupkan komputer

Cara Menghidupkan Komputer | Komputer (Portable Computer Dekstop) hingga saat ini masih banyak digunakan masyarakat untuk berbagai alasan.

Satu di antaranya cocok untuk kebutuhan pekerjaan dengan porsi penggunaan yang tinggi. Misalnya untuk mengedit video, bermain game online, kasir di swalayan, maupun kebutuhan kantor lainnya.

Selain itu, komputer juga sangat mudah didapatkan. Baik kita datang ke toko computer secara langsung, maupun membelinya melalui toko online.

Sangat berbeda dengan zaman dahulu di saat awal-awal munculnya computer. Harga computer saat ini terbilang relatif terjangkau dengan berbagai macam model.

Cara Menghidupkan Komputer

Nah, Ketika kita berbicara tetang komputer, pastinya bagi siapa saja yang baru membeli menginginkan agar Komputer mereka awet dan tidak mudah rusak dalam rentan waktu yang singkat.

Oleh karena itu, ini hal yang agak menarik bila dibahas di sini, apalagi bagi kalian pengguna komputer pemula.

Hal yang paling mendasar, sepele, namun sangat penting untuk diperhatikan dan berpengaruh besar terhadap Komputer kalian. Hal penting apa sih???

Yaitu cara menghidupkan komputer secara baik dan benar. Tidak perlu lama-lama, yuk kalian simak cara-cara menghidupkan komputer kami di bawah ini:

1. Hubungkan CPU (Central Processing Unit) Ke Stop Kontak

teks prosedur cara menghidupkan komputer

Biasanya saat kalian membeli CPU baik bekas meupun baru pastinya sudah dibekali paket kabel power bawaan. Nah, sambungkan ujungnya ke bagian komponen yang disebut power supply.

Lalu hubungkan kabel power pada sisi lainnya ke stop kontak (perhatikan contoh gambar di atas!!!).

Apabila kalian memakai UPS atau stabilizer, jangan lupa disambungkan juga agar apabila terjadi mati listrik, kalian masih ada kesempatan mematikan Komputer kalian secara bertahap.

2. Hubungkan Perangkat yang Dibutuhkan Komputer

bagaimana cara menghidupkan komputer

Apabila perangkat CPU sudah menyala, maka kita masuk ke tahap berikutnya.

Tahap selanjutnya adalah menghubungkan perangkat yang menyertai CPU, seperti keyboard, mouse dan speaker.

Caranya sangat mudah. Sambungkan kabel keyboard dan mouse ke port USB yang berada di bagian belakang komputer.

Untuk speaker juga sama halnya dengan keyboard dan mouse. Namun biasanya speaker membutuhkan power tambahan.

Bila membutuhkan power tambahan, maka hubungkan kabel yang berbentuk USB atau yang bisa dihubungkan ke stop kontak (bila ada), kemudian colokkan kabel audio (aux) ke port yang sudah tersedia.

3. Nyalakan Monitor

warm boot adalah cara menghidupkan komputer dalam keadaan

Pertama silakan hubungkan perangkat monitor melalui kabel ke bagian belakang CPU. Di sana terdapat port yang bentuknya bisa HDMI atau DSUB (VGA). Bentuknya seperti ini:

jelaskan cara menghidupkan komputer
Port VGA
nama lain cara menghidupkan komputer dari keadaan mati adalah
Port HDMI

Jika sudah, hubungkan juga kabel power monitor ke stop kontak agar listrik bisa tersambung ke perangkat. Kemudian nyalakan monitor dengan cara menekan tombol power di bagian bawah atau di samping monitor.

4. Nyalakan CPU

 

bagaimana cara menghidupkan komputer dengan baik dan benar

Jika semua perangkat sudah terhubung dengan benar, maka kalian bisa menghidupkan computer sekarang. Caranya adalah dengan menekan tombol power yang ada di bagian casing (perhatikan pada gambar di atas!!!).

Ketika perangkat computer kalian sudah menyala, maka kipas yang ada di dalam CPU akan menyala juga lampu LED di casing akan nyala berkedip.

Apabila casing CPU kalian transparan, maka akan terlihat bagaimana kipas di dalam CPU berputar. Maka akan terlihat jelas apakan komputer kalian aktif atau tidak.

5. Tunggu Proses Booting Komputer

jelaskan cara menghidupkan komputer dan mematikan komputer

Sebelum komputer akan kalian gunakan, computer tersebut harus melewati sebuah proses yang namanya booting terlebih dahulu. Proses ini bisa dikatakan proses untuk memuat sistem yang berjalan di komputer.

Apa proses ini lama? Tidak perlu khawatir, rata-rata hanya membutuhkan waktu 3 – 4 menit saja. Jika komputer dengan kualitas bagus dan normal, tidak sampai satu menit prosesnya sudah selesai.

Ciri-ciri proses booting ini adalah muncul logo Windows (seperti di gambar) dengan animasi titik yang berjalan melingkar secara berulang-ulang.

6. Harap Tunggu Proses Awal Sistem

cara menghidupkan komputer dan mematikan komputer

Setelah proses booting selesai, maka di monitor kalian akan ditampilkan desktop awal untuk memulai aktiftas digital.

Namun, ada satu lagi proses sebelum kalian sudah dibawa ke laman awal desktop, yaitu ketika sistem memuat data serta aplikasi yang akan berjalan.

Hal ini biasanya sering disebut startup. Dimulai tepat setelah booting Windows selesai. Tapi tidak perlu khawatir, proses startup ini lebih cepat dari booting kok. Biasanya hanya sekitar 1 menit saja.

cara menghidupkan komputer mode sleep

Proses booting dan startup sudah selesai tanpa kendala, saatnya komputer bisa langsung digunakan.

Kalian bisa melakukan segala aktifitas digital di computer kalian. Misalnya membuka software, menonton film/video, mendengarkan music, bermain game, menghubungkan komputer ke internet dan sebagainya.

Tentu saja, gunakan mouse dan keyboard untuk mengoperasikannya ya.

Setelah komputer menyala dan digunakan, maka saatnya komputer dimatikan. Lalu bagaimana cara mematikan komputer yang benar? silahkan simak artikel lengkap nya di Cara Mematikan Komputer Dengan Benar. atau disini.

Semoga ulasan kami bermanfaat bagi kalian, tetap nantikan ulasan-ulasan kami selanjutnya hanya di website sitevacuum.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *